Tuesday, January 14, 2014

Lomba Scientists Article And Paper Competition


Kids Scientists Article And Paper Competition 

Tingkat SD, SMP dan SMA Surabaya dan Gresik

 

Perkembangan dan perubahan yang serba cepat akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah banyak mengubah tatanan hidup baik fisik maupun psikis. Kemajuan tersebut ternyata tidak hanya berdampak positif seperti yang diharapkan dalam memajukan kesejahteraan hidup manusia, tetapi semakin tidak terkendali dan kompleks seperti ekses polusi dari teknologi, ekses pengangguran dari pengalihan tenaga manusia ke mesin, dan semakin langkanya sumber daya manusia yang turut memojokkan manusia dalam kompetisi global tersebut. Oleh karena itu diperlukan sumberdaya manusia yang berkualitas, berbeda dari sekedar manusia seperti masa lalu. Mereka diharapkan mampu mengantisipasi dunia global dengan tuntutan teknologi canggih beserta pemecahan masalahnya dan mampu dengan cepat mengantisipasi perubahan-perubahan yang mempunyai pemikiran analisis yang tajam, dan kreativitas yang tinggi serta peka akan tantangan persoalan-persoalan yang ada disekitarnya. Kemampuan seperti ini sukar lagi diperoleh melalui sekolah dengan kurikulum seperti saat ini.


Salah satu bentuk terobosan yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan jalur-jalur pendidikan ekstrakurikuler, berupa kegiatan yang mengubah remaja sebagai sumberdaya manusia yang mampu melakukan inovasi dan pengembangan iptek. Kenyataan yang ada sebagian besar menganggap research identik dengan sebuah obyek yang sering tidak disenangi oleh para siswa. Pandangan seperti ini tentunya menjadi hambatan yang harus dihapus dari pikiran mereka. Memberikan latihan serta pemahaman  konsep yang tepat tentang dasar-dasar research kepada peserta didik sangat membantu untuk memudahkan mereka berpikir secara logis dalam memahaminya serta memberikan motivasi untuk terus mempelajarinya.  Berbagai macam bentuk pelatihan dan perlombaan tentunya juga harus dikemas dalam bentuk yang lebih menarik bagi para siswa untuk menghilangkan tingkat kejenuhan yang sering dialami para siswa.


Kids Scientists article and paper competition, adalah salah satu ajang kompetisi ilmiah yang diselenggarakan oleh Universitas Wijaya Putra di mana para siswa dari berbagai sekolah dapat berlomba dan bersaing secara fair untuk menunjukkan kemampuannya terutama dalam bidang Penelitian Ilmiah, terutama di Wilayah Surabaya Barat. Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan kontribusi positif yang sangat besar untuk merangsang para siswa dalam memahami dan mengkaji research dibidang Sains khusunya sebagai upaya pemenuhan kebutuhan hidup secara positif. 

   PESERTA

   Peserta yang akan diundang dalam Kids Scientists  Article And Paper Competition ini adalah:
1.      Siswa-siswi setingkat SD/MI di wilayah Surabaya dan Gresik
2.      Siswa-siswi setingkat SMP sederajad di wilayah Surabaya dan Gresik
3.      Siswa-siswi setingkat SMA se-derajad di wilayah Surabaya dan Gresik
Jumlah peserta yang akan kita terima untuk mengikuti Kids Scientists Article And Paper Competition ini adalah sebagai berikut:
1.      Tingkat SD sejumlah 50 kelompok
2.      Tingkat SMP se-derajad sejumlah 40 kelompok
3.      Tingkat SMA se-derajad sejumlah 30 kelompok

  WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN
   Waktu Pendaftaran        :  Tanggal 2 Januari 2014 s/d 10 Februari 2014
   Sekretariat Pendaftaran            :  Ruang Lab Sains Dasar (Gedung B) Lt. 2 Kampus  I
                                               Online di web :  www.wijayaputra.ac.id dan www.wijayaputra.sch.id
D/a. Jln. Raya Benowo No 1 – 3  Surabaya.
Contact Person :  Bpk Andri Priyono (031) 72317249
                             Bpk Agus Budi R.  (031) 81766912
                             Bpk Anam             (031) 71905836

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Kegiatan
Hari / Tgl
Research
Waktu
Tempat
Kids Scientists Article And Paper Competition
Sabtu, 15 Februari 2013
Babak penyisihan
08.00 s/d selesai
Kampus I Wijaya Putra
Minggu, 16 Februari 2013
Babak final
08.00 s/d selesai

 

No comments:

Post a Comment