Wednesday, March 6, 2013

MEMBUAT PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN GOOGLE

Dengan era globalisasi sekarang ini kita diberikan kemudahan - kemudahan oleh pengembang IT. Sehingga Bapak/Ibu guru tidak perlu lagi membuat soal secara konvensional seperti dahulu. Dengan perkembangan IT yang begitu pesat " Google " memberikan kita kemudahan untuk membuat soal secsra online dan Gratis  pula. Dengan Google Drive kita bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk pembuatan soal secara online.
Google Drive memberikan perbedaan diantara aflikasi-aflikasi sejenisnya diantarnya kapasitas penyimpanan yang lebih besar (5 GB), free, terintegrasi dengan account google.

Dan kelebihan-kelebihan tersebut didukung dengan cara menggunakananya yang jauh lebih mudah dibanding aflikasi-aflikasi untuk membuat soal online lainnya.Langkah-langkah membuat soal online dengan google drive:1. Saya harap semuanya sudah mempunyai email yang dibuat di Gmail
2. Sign In (masuk) ke akun Gmail
3. Setelah masuk pilih Drive
4. Pilih Create
5. pilih Form
6. Pada Untilted form, isikan judul misalnya saja “ LATIAN SOAL MATEMATIKA ″
7. Pada kotak dibawah untilted form, isikan kelas, mata pelajaran, hari dan waktu pelaksanaan ulangan. Sebenarnya kotak help digunakan untuk memperjelas judul, tapi saya lebih suka menggunakannya untuk identitas soal tersebut.
8. Pada question title isikan soal, pada kotak help biarkan kosong.
9. Pada question type pilih, pilih multiple choice jika ingin menampilkan jawaban pilihan gandaa, atau tex atau paragrafh text jika ingin isian.
10. Tekan Done untuk menyelesaikan setiap butir soal yang kita buat.
11. Ulangi langkah no.8 sampai 10 untuk membuat soal berikutnya. 

Untuk contoh Klik disini

No comments:

Post a Comment