Thursday, December 5, 2013

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF TEHNOLOGI PADA DUNIA PENDIDIKAN

Perkembangan tehnologi di era globalisasi membuat masyarakat menjadi semakin canggih terutama pada dunia pendidikan, semakin banyak kemudahan - kemudahan yang didapat masyarakat untuk memperoleh semua informasi baik formal ataupun in formal.
Tehnologi telah menjadi suatu kebutuhan masyarakat mulai dalam kandungan sampai akhir hayatnya yang tentunya mempunyai dampak untung dan ruginya.
Perkembangan tehnologi berjalan dengan pesatnya tidak hanya tahun, bulan, hari bahkan tiap jam tehnologi selalu mengalami perubahan. Pendidikan, yang merupakan refleksi dari perkembangan masyarakat hasil perkembangan tehnologi.


DAMPAK POSITIF TEHNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Tehnologi memberikan manfaat yang luar biasa pada dunia pendidikan, penggunaan media komputer/ laptop, Internet merupakan media yang efektif dalam untuk membangun komunikasi antar sekolah, guru, siswa, orang tua ataupun yang lainnya. Dalam perkembangannya lembaga pendidikan telah mengalami perubahan - perubahan yang sangat signifikan sekali, yang dulunya tidak bisa dilaksanakan dengan tehnologi semua bisa dilaksanakan.Dunia sekarang ini ibarat sebuah kota besar yang semuanya dapat kita jangkau, tidak ruang penyekat antara satu dengan yang lainnya.Apapun yang kita inginkan tidak ada kata tidak pada era tehnologi sekarang ini.
Perkembangan proses belajar mengajar
Perkembangan tehnologi memberikan manfaat yang luar biasa di dunia pendidikan Komputer/laptop, kamera digital, Proyektor, internet merupakan sumber daya guru/dosen yang sangat besar dalam mengembangkan proses belajar mengajar dan memudahkan siswa dalam memahami suatu konsep dengan mudah, sehingga preses belajar mengajar lebih hidup dengan interaksinya.
Guru maupun siswa dapat dengan mudahnya memperoleh semua informasi melalui internet dalam menyelesaikan penelitian yang mereka lakukan, yang selama ini mereka kesulitan untuk memperolehnya.
Dengan Tehnologi perkembangan dunia pendidikan betul - betul mengalami perubahan yang sangat drastis,
tehnologi telah merubah dunia pendidikan dengan kecangihannya, seiring dengan perubahan -perubahan yang signifikan maka akan muncul peneliti -peneliti muda yang handal.

DAMPAK NEGATIF DARI TEHNOLOGI
Sebagai guru akan terasa sangat mudah dalam memberikan materi dengan media internet, sehingga proses belajar mengajarpun tidak harus dilaksanakan di dalam ruang kelas. Pembelajaran jarak jauh sekarang lagi banyak dillakukan oleh lembaga -lembaga pendidikan baik formal maupun informal.
Sehingga belajar akan lebih mudah dilakukan kapanpun, dimanapun, bisa dilaksanakan.
Namun disisi lain ada juga sisi buruknya, siswa kurang kreatif dan malas karena mesin pencari informasi selalu ada, tak ada ruang sekat dan waktu dan kreatifitas menulis siswa makin berkurang cukup dengan COPAS ( copy paste ) semua bisa terselesaikan dengan cepat.
Dari hasil pengamatan penulis sesuatu hal pasti akan muncul dampak positif dan negatifnya, untuk itu kita ambil saja dampak positifnya saja karena tanpa itu semua perkembangan dunia pendidikan tidak akan sepesat ini. Dan perkembangan - perkembangan apapun mau tidak mau, sengaja ataupun tidak sengaja kita pasti mengikutinya.
Semoga hal ini bisa kita tarik hikmahnya dan sebagai orang tua tua kita jangan sampai ketinggalan dengan anak- anak kita paling tidak kita bisa tau apa yyyang mereka lakukan.




No comments:

Post a Comment